Proses Melahirkan Caesar, dari Persiapan, Biaya, hingga Pemulihan.jpg

Proses Melahirkan Caesar, dari Persiapan, Biaya, hingga Pemulihan

11.01.2024
headphones

PLAYING: Proses Melahirkan Caesar, dari Persiapan, Biaya, hingga Pemulihan

6 min read

​​​Operasi caesar merupakan alternatif melahirkan saat Mam tidak bisa melahirkan pervaginam dengan aman. Proses melahirkan caesar ini dapat direncanakan sebelumnya atau dilakukan dalam keadaan darurat medis. 

Dalam artikel ini akan dikupas informasi dan panduan bagi Mam terkait persalinan dengan metode caesar.  Mulai dari persiapan sebelum operasi, proses melahirkan secara caesar, pemulihan, dan kisaran biaya caesar. 

Apa Itu Persalinan Caesar? 

​​​Proses melahirkan secara caesar dilakukan melalui operasi dengan membuat sayatan di perut dan rahim. Operasi tersebut dilakukaan saat persalinan normal atau melalui vagina tidak memungkinkan dilakukan, tidak aman secara medis, atau berisiko untuk si Kecil dan Mam. 

​​​Ada beberapa kondisi medis yang mengharuskan Mam menjalani proses melahirkan caesar. Seperti disproporsi cephalopelvic, yakni kepala atau tubuh bayi terlalu besar untuk melewati panggul. Pernah melakukan operasi caesar, bayi kembar, plasenta previa, dan posisi bayi melintang1. 

​​​Kondisi kesehatan tertentu seperti darah tinggi saat kehamilan atau preeklampsia,  infeksi herpes genital di akhir kehamilan atau HIV, atau si Kecil yang harus segera dilahirkan karena kondisi tertentu juga harus menjalani operasi Caesar2. 

Persiapan Sebelum Operasi dan Prosesnya 

Dalam proses melahirkan bayi caesar ada beberapa prosedur persiapan yang dilakukan. 

Di rumah 

​​​Jika operasi caesar sudah terjadwalkan, biasanya tenaga medis akan meminta Mam mandi dengan sabun antiseptik sebelum operasi. Sebaiknya, tidak mencukur rambut kemaluan dalam waktu 24 jam sebelum operasi karena dapat meningkatkan infeksi di area operasi. Jika rambut kemaluan perlu dicukur, akan dilakukan oleh nakes sesaat sebelum operasi.3 

Di rumah sakit 

​​​Sebelum tindakan operasi dilakukan, Mam diminta berpuasa beberapa jam. Mam juga diminta untuk berganti baju operasi. Selain itu, tenaga medis akan memasang kateter pada Mam yang akan melahirkan dengan tujuan mengumpulkan urine.  

Selain pasang kateter, tenaga kesehatan juga akan mencukur bulu kemaluan Mam.4 ​​dan dilanjutkan memasang selang infus melalui jalur intravena akan dipasang di pembuluh darah tangan atau lengan untuk memberikan cairan dan obat-obatan, termasuk antibiotik untuk mencegah infeksi.5 

Anestesi 

​​​Sebagian besar operasi caesar dilakukan dengan anestesi atau bius lokal, yang hanya memberi efek mati rasa pada bagian bawah tubuh dan memungkinkan Mam tetap terjaga selama proses persalinan. Namun ada kondisi tertentu sehingga Mam perlu diberi anestesi umum yang membuat Mam tidur selama persalinan.6 

Baca Juga: Perlengkapan yang Perlu Dibawa saat Melahirkan Caesar 

Proses Melahirkan Caesar 

Setelah Mam masuk ruang operasi, dokter kemudian bersiap melakukan caesar dengan mulai membedah perut dan rahim Mam. 

  • ​​​Dokter akan membuat sayatan pada dinding perut horizontal yang letaknya di area dekat garis rambut kemaluan. Pada kondisi medis tertentu, tim dokter akan membuat sayatan vertikal dari tepat di bawah pusar tepat di atas tulang kemaluan. 
  • Kemudian, dokter akan membuat sayatan rahim, biasanya secara horizontal melintasi bagian bawah rahim (sayatan melintang rendah).  
  • Bayi akan dilahirkan melalui sayatan yang telah dibuat tadi. Mulut dan hidung bayi kemudian akan dibersihkan dari cairan oleh dokter. Dokter kemudian juga akan menjepit dan memotong tali pusar. Selanjutnya, plasenta dikeluarkan dari rahim kemudian sayatan ditutup dengan jahitan7. 
     

Pemulihan Pasca Operasi Caesar 

​​​Mam mungkin akan berada di rumah sakit selama 1 atau 2 hari setelah persalinan caesar sebelum diizinkan pulang ke rumah. Mam mungkin perlu 1-2 minggu untuk benar-benar pulih. 

  • ​​​Selama di rumah sakit, Mam akan diberi obat penghilang rasa sakit untuk mengurangi rasa tidak nyaman 
  • Mam akan didorong untuk bangun dari tempat tidur dan bergerak  
  • Mam dapat makan dan minum segera setelah merasa lapar atau haus 
  • Kateter akan tetap terpasang selama 12 jam dan luka mam akan ditutup dengan perban setidaknya selama 24 jam 
  • Selama waktu itu, Mam akan menjalani rawat gabung dengan si Kecil dan sudah mulai bisa belajar menyusui. 
     

Perawat akan memberi tahu Mam tentang cara merawat luka. Mam biasanya akan disarankan untuk: 

  • Membersihkan serta mengeringkan luka operasi dengan lembut setiap hari 
  • Mengenakan pakaian longgar serta celana dalam katun 
  • Minum obat penghilang rasa sakit 8 
  • Dalam waktu 7 hari dan 14 hari, dokter akan mengecek jahitan operasi. 

​​​Pemulihan pasca operasi caesar biasanya lebih lama dibandingkan persalinan pervaginam. Untuk itu, setelah melahirkan secara caesar, Mam perlu memberi jeda waktu jika ingin hamil lagi agar tubuh sudah benar-benar pulih. Umumnya, dokter akan menyarankan memberi waktu setidaknya 12-18 bulan sebelum kembali hamil.9 ​​Jika memang kembali hamil, Mam tetap bisa melaksanakan proses melahirkan normal setelah caesar atau kerap disebut VBAC.10 

Biaya Operasi Caesar 

​​​Biaya operasi caesar di Indonesia beragam, berkisar Rp 11 hingga 50 juta rupiah. Harga ini tentunya tergantung rumah sakit dan kelas ruang perawatan.  

Banyak RS menawarkan paket untuk operasi caesar, suda termasuk biaya operasi, obat, biaya kamar rawat inap ibu dan bayi untuk 3 hari dan 2 malam11. 

​​​Namun, untuk proses melahirkan caesar karena kondisi medis tertentu biasanya dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan juga Mam.12 

Sekarang Mam sudah ketahui lebih dalam mengenai metode kelahiran caesar. Jangan lupa selama masa kehamilan hingga menjelang kelahiran Si Kecil, tetap konsumsi makanan dengan nutrisi lengkap dan rutin melakukan konsultasi ke dokter kandungan, ya! 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Gejala dan Solusi Terbaik untuk Mengatasi Batuk pada Bayi

Gejala dan Solusi Terbaik untuk Mengatasi Batuk pada Bayi

Batuk merupakan kondisi yang sering dialami bayi. Hal itu menjadi reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan kuman atau virus dari pernapasan. Meski demikian, beberapa jenis batuk pada bayi harus diwaspadai dan perlu segera diobati.

Kenapa Si Kecil Suka Sekali Menggigit Teman Mainnya

Sudah Tahu Wonder Week Pada Fase Bayi Rewel?

Pernahkan Mam frustasi saat si Kecil tiba-tiba menjadi lebih rewel, mudah menangis, dan selalu menempel pada Mam? Jika ya, mungkin saja si Kecil sedang mengalami wonder Week.

Adakah Dampak Bayi Lahir Prematur Ketika Dewasa_ Berikut Penjelasannya!  (Thumbnail).jpg

Apa Dampak Bayi Lahir Prematur Ketika Dewasa? Berikut Penjelasannya!

Memiliki bayi lahir prematur memang bisa membuat Mams khawatir, terutama karena cemas akan dampak yang mungkin dialami si Kecil setelah beranjak dewasa.

Perlukah Memberikan Vitamin Penambah Berat Badan untuk Bayi Prematur_ Simak Dulu Penjelasan Ini! (Thumbnail).jpg

Mam, Ketahui Penyebab Bayi Rewel Berikut Ini!

Setiap bayi, terutama yang baru lahir, akan banyak menangis atau rewel. Jangan khawatir ya, Mam! Merupakan hal yang wajar apabila Si Kecil yang baru berusia beberapa hari, menangis hingga beberapa jam setiap harinya.

Penyebab Kulit Bayi Merah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Bayi Merah dan Cara Mengatasinya

​Bayi memiliki kulit yang sensitif dan tidak jarang mengalami kemerahan atau ruam. Kulit bayi merah sebenarnya merupakan kondisi umum yang tidak berbahaya dan dapat menghilang dengan sendirinya.1 Namun, jika tidak segera ditangani dengan tepat, merah merah pada kulit bayi bisa menyebabkan Si Kecil merasa tidak nyaman dan lebih rewel, lho.

Mam, Ketahui Penyebab Bayi Rewel Berikut Ini!

Mam, Ketahui Penyebab Bayi Rewel Berikut Ini!

Setiap bayi, terutama yang baru lahir, akan banyak menangis atau rewel. Jangan khawatir ya, Mam! Merupakan hal yang wajar apabila Si Kecil yang baru berusia beberapa hari, menangis hingga beberapa jam setiap harinya.

Mengapa si Kecil Malas Bergerak

Mengapa si Kecil Malas Bergerak?

Yang namanya anak-anak, sudah tentu banyak tingkah dan polah lucunya yang membuat Mam merasa gemas.

Produk Wyeth Nutrition

promise-baru.png

S-26 Promise GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 3-12 tahun)

procalgold.png

S-26 Procal GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 1-3 tahun)

94f761eb-9e9a-4fcc-8c74-294922e92789.png

S-26 Procal Nutrissentials

Susu Pertumbuhan Anak usia 1-3 Tahun untuk dukung kesiapan belajarnya.

Informasi Parenting untuk Mam dan Pap

Temukan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting di periode

Pra-Kehamilan, Kehamilan, Bayi, dan Anak.

Pra-kehamilan

Pra-Kehamilan

Informasi cara mempersiapkan kehamilan dan tips penting selama masa pra-kehamilan.

Kehamilan

Kehamilan

Informasi lengkap tentang masa kehamilan dari trimester pertama,  hingga persalinan.

Anak

Anak

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Bayi

Bayi

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia 0-12 bulan di sini.

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login