Perlukah Memakai Pembalut Bersalin untuk Ibu Melahirkan Caesar.jpg

Perlukah Memakai Pembalut Bersalin untuk Ibu Melahirkan Caesar?

09.07.2024
headphones

PLAYING: Perlukah Memakai Pembalut Bersalin untuk Ibu Melahirkan Caesar?

6 min read

Melahirkan melalui operasi caesar adalah pengalaman yang memerlukan perawatan khusus, dan banyak wanita yang baru saja melalui prosedur ini mungkin bertanya-tanya apakah pembalut bersalin untuk ibu melahirkan caesar penting?

Hari-hari setelah kelahiran bayi yang dilanjut dengan masa nifas, dapat menjadi salah satu masa paling menantang bagi Mam. Periode ini bisa menjadi lebih menantang bagi Mam yang pernah melahirkan secara caesar. Karena itu, Mam yang baru saja menjalani persalinan caesar membutuhkan perawatan khusus.

Perlukah Menggunakan Pembalut Bersalin Setelah Melahirkan?

Saat seorang wanita menjalani operasi caesar, banyak hal yang harus diperhatikan dalam proses pemulihannya. Nah, salah satu cara untuk membantu mempercepat proses pemulihan pasca caesar adalah menggunakan pembalut bersalin untuk ibu melahirkan sesar.

Usai persalinan, rahim akan memulai proses “involusi” yaitu menyusutnya rahim ke ukuran sebelum hamil. Mam akan mulai mengalami pendarahan hebat berupa darah merah cerah—Ini disebut lokia dan dapat berlanjut hingga 6 minggu. Saat inilah Mam mungkin memerlukan pembalut atau pembalut bersalin  untuk ibu melahirkan.

Pembalut bersalin untuk ibu melahirkan caesar dapat memberikan perlindungan dan kenyamanan ekstra setelah operasi. Namun, jika Mam bisa menggunakan kamar kecil secara normal, maka popok tidak diperlukan. Untuk memastikan apakah perlu pembalut bersalin untuk ibu setelah melahirkan, Mam bisa mendiskusikan hal ini dengan dokter atau perawat sebelum operasi caesar dilakukan.

Dalam 24 jam pertama usai melahirkan sesar, dokter biasanya meminta Mam untuk bangun dan mencoba ke kamar mandi. Ini akan membantu memulai proses penyembuhan dan membuat Mam terbiasa bergerak dengan sayatan. Ingatlah untuk bergerak perlahan karena Mam mungkin akan mengalami pusing atau sesak napas.

Baca Juga: Proses Melahirkan Caesar

Tips Memilih Pembalut Bersalin untuk Ibu Melahirkan Caesar

Memilih pembalut bersalin untuk ibu melahirkan caesar juga tidak boleh sembarangan. Setelah melahirkan, pendarahan pasca persalinan bisa terasa berat dan tidak nyaman. Untuk menjaga Mam tetap merasa nyaman saat merawat bayi baru lahir dan pemulihan setelah melahirkan, Mam memerlukan pembalut pascapersalinan yang nyaman dan mendukung aktivtias Mam saat mengasuh si Kecil. Berikut tips memilih pembalut bersalin untuk ibu melahirkan sesar:

1. Lembut

Pembalut atau pembalut bersalin untuk ibu setelah melahirkan harus lembut di kulit. Setelah melahirkan, Mam mungkin mengalami rasa sakit dan sensitif. Jika Mam pernah mendapat jahitan, pastikan pembalut bersalin atau pembalut yang dipilih tidak membuat lecet kulit atau area jahitan.

2. Daya serap tinggi

Pembalut bersalin untuk ibu melahirkan harus memiliki daya serap maksimal untuk mengatasi pendarahan pasca melahirkan secara efektif. Ukurannya juga harus jauh lebih besar dan lebih tebal dibandingkan pembalut atau pembalut bersalin biasa, sehingga lebih mampu menangani pendarahan hebat.

3. Terbuat dari bahan higienis

Setelah melahirkan, organ reproduksi mengalami perubahan signifikan sehingga lebih rentan terkena infeksi. Pembalut atau pembalut bersalin untuk ibu melahirkan harus terbuat dari bahan yang mengutamakan kebersihan dan mencegah infeksi. Bahan yang digunakan harus bebas dari pewangi, bahan kimia, dan zat berbahaya, sehingga mengurangi risiko iritasi kulit atau reaksi alergi.

4. Nyaman dipakai

Setelah melahirkan, Mam kemungkinan besar akan menghadapi banyak ketidaknyamanan, jadi penting untuk memakai pembalut bersalin pasca melahirkan yang lembut dan fleksibel, serta mengikuti bentuk tubuh untuk kenyamanan maksimal.

5. Ukuran pas

Pilih pembalut bersalin untuk ibu melahirkan caesar dengan ukuran yang tepat untuk tubuh. Hal ini penting untuk mencegah kebocoran dan memastikan kenyamanan maksimal. Pembalut bersalin dengan ukuran yang pas dan aman akan membuat Mam merasa tetap kering.

6. Memungkinkan sirkulasi udara

Pembalut dan pembalut bersalin yang akan Mam gunakan setelah melahirkan juga harus memungkinkan sirkulasi ke area vagina. Hal ini penting untuk menjaga area intim tetap kering sekaligus mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan.

Pemakaian pembalut bersalin untuk ibu setelah melahirkan memang sangat membantu, terutama jika pendarahan yang terjadi sangat deras karena terasa lebih nyaman dalam mencegah kebocoran. Sayangnya, pembalut bersalin bisa menimbulkan reaksi alergi lokal akibat kekeringan jika dipakai dalam jangka waktu lama selama masa nifas. Hal ini terjadi ketika pembalut bersalin yang Mam kenakan kotor akibat keringat dan cairan tubuh lainnya seperti urin.

Selain itu, penggunaan pembalut bersalin setelah melahirkan juga bisa mengurangi tingkat kontrol neuromuskular, yaitu saat otak mengirimkan sinyal untuk melatih respons pada otot kandung kemih untuk menginduksi buang air kecil secara spontan. Hal ini dapat mengakibatkan ketergantungan yang lebih besar pada popok dewasa untuk menangani fungsi normal tubuh dalam buang air kecil.

Karena itu, sebaiknya Mam diskusikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan pembalut bersalin untuk ibu melahirkan caesar. 

 

Source : 

American Pregnancy. Cesarean After Care. Dari americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/labor-and-birth/cesarean-aftercare/#. Diakses 4/1/2024

SNC. The Importance Of Wearing Diapers After A Cesarean Section: A Guide To Post-C Section Recovery. Dari southernearlychildhood.org/the-importance-of-wearing-diapers-after-a-cesarean-section-a-guide-to-post-c-section-recovery/#. Diakses 4/1/2024

WebMD. Postpartum Pads: What You Need to Know. Dari webmd.com/baby/what-are-postpartum-pads.  

Netmeds. Maternity Pads: How To Use? Benefits. And Here’s Why You Need This Post-Partum Period Accessory. Dari netmeds.com/health-library/post/maternity-pads-how-to-use-benefits-and-heres-why-you-need-this-post-partum-period-accessory.  

Well Before. Guide to Choosing the Best Postpartum Adult Diapers. Dari wellbefore.com/blogs/news/choosing-the-best-postpartum-diapers. Diakses 4/1/2024

Green Valley OBGYN. Ultimate Hospital Bag Packing List. Dari gvobgyn.com/ultimate-hospital-bag-packing-list/. Diakses 4/1/2024

Orchard Clinic. Here's why you should avoid using adult diapers during your postpartum period. Dari orchardclinic.com/articles/why-you-shouldnt-use-adult-diapers/. Diakses 4/1/2024
 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Ketahui Melahirkan Secara Caesar Sekaligus Sterilisasi

Ketahui Melahirkan Secara Caesar Sekaligus Sterilisasi

Salah satu hal yang perlu Mam siapkan dan pikirkan menjelang persalinan adalah rencana mengatur jarak kelahiran. Ada banyak pilihan kontrasepsi atau program keluarga berencana (KB) yang bisa Mam ikuti untuk mengatur jarak kelahiran.

Peran Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

Peran Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

Zat besi untuk ibu hamil sangat berperan penting. Ibu hamil adalah kelompok yang rentan mengalami kekurangan zat besi.

5  Perbedaan Hamil Bayi Laki-laki dan Perempuan yang Akurat (1).jpg

Berapa Lama Jeda Hamil Lagi Setelah Melahirkan? Simak di Sini!

Mempersiapkan kehamilan anak kedua biasanya lebih sulit dibanding anak pertama. Ini karena ada sang kakak yang juga harus dipersiapkan menyambut kelahiran adik.

Apakah Normal Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apakah Normal Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Pasca melahirkan, tubuh masih menyesuaikan diri. Tidak jarang, beberapa Mam mempunyai beberapa keluhan mengenai tubuhnya. Salah satunya adalah kaki bengkak yang cukup mengganggu. Tapi, perlukah Mam mengkhawatirkan hal ini?

Panduan & Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar Agar Lancar. Mam Sudah Tahu Thumbnail.jpg

Panduan & Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar Agar Lancar

Di masa kehamilan, Mam tentu sudah menghitung hari untuk segera bertemu dengan Si Kecil. Persiapan persalinan pun mungkin sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Mam, Ini Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat Thumbnail.jpg

Mam, Ini Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat!

Saat menantikan kelahiran si Kecil, Mam tentunya ingin mengetahui kira-kira berapa ya usia kehamilan yang sedang berjalan.

Ini Persiapan Melahirkan yang Perlu Mam Perhatikan.jpg

Jeda Usia Tepat antara Satu Anak dan Lainnya

Mempersiapkan kehamilan anak kedua biasanya lebih sulit dibanding anak pertama. Ini karena ada sang kakak yang juga harus dipersiapkan menyambut kelahiran adik.

Produk Wyeth Nutrition

promise-baru.png

S-26 Promise GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 3-12 tahun)

procalgold.png

S-26 Procal GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 1-3 tahun)

promise-a

S-26 Promise Nutrissentials

Susu bubuk Anak usia 3-12 Tahun. Berikan Nutrisi, Inspirasi, & Stimulasi tepat untuk bantu Ia siap belajar.

Informasi Parenting untuk Mam dan Pap

Temukan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting di periode

Pra-Kehamilan, Kehamilan, Bayi, dan Anak.

Pra-kehamilan

Pra-Kehamilan

Informasi cara mempersiapkan kehamilan dan tips penting selama masa pra-kehamilan.

Kehamilan

Kehamilan

Informasi lengkap tentang masa kehamilan dari trimester pertama,  hingga persalinan.

Anak

Anak

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Bayi

Bayi

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia 0-12 bulan di sini.

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login