Jika Mam atau Pap memiliki riwayat alergi, anak-anak mungkin juga berpotensi memiliki alergi tersebut. Alergi sendiri berkaitan erat dengan sistem imun sebagai reaksi membela diri untuk melawan saat ada zat tertentu atau alergen sebagai pemicunya.

Tips Mengatasi Alergi Dingin Pada Anak yang Perlu Diketahui

08.07.2024
headphones

PLAYING: Tips Mengatasi Alergi Dingin Pada Anak yang Perlu Diketahui

6 min read

Jika Mam atau Pap memiliki riwayat alergi, anak-anak mungkin juga berpotensi memiliki alergi tersebut.

Alergi sendiri berkaitan erat dengan sistem imun sebagai reaksi membela diri untuk melawan saat ada zat tertentu atau alergen sebagai pemicunya. Contoh alergen adalah makanan, serbuk sari tanaman, obat-obatan, debu, dan cuaca dingin.

Bagi orang yang memiliki alergi, alergi dapat menyebabkan gejala yang mengganggu seperti peradangan pada kulit, sinus, saluran udara, atau sistem pencernaan.

Artikel ini akan membahas alergi dingin pada anak. Mulai dari gejala, penyebab, hingga cara mencegah timbulnya reaksi alergi dingin pada anak. Simak yuk Mam.

Apa Itu Alergi Dingin?

, Alergi dingin (urtikaria dingin) adalah suatu kondisi yang menyebabkan reaksi alergi terhadap suhu dingin. Kondisi ini lebih mungkin menyerang anak dan remaja dibanding kelompok umur lainnya.

Seseorang dengan urtikaria dingin mungkin mengalami ruam atau gatal-gatal setelah:

  • Makan atau minum sesuatu yang dingin.
  • Menempatkan es di kulit mereka.
  • Berenang atau mandi dengan air dingin.
  • Berjalan di luar ruangan dalam cuaca dingin.
     

Ada dua jenis urtikaria dingin:

  1. Acquired cold urticaria
    Disebut juga urtikaria dingin esensial. Jenis ini terjadi pada seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit dalam keluarga. Gejala biasanya muncul beberapa menit setelah terpapar dingin, seperti gatal, kemerahan, benjol, atau bisa juga demam. Gejala tersebut cenderung hilang dalam satu atau dua jam.
  2. Urtikaria dingin familial
    Disebut juga urtikaria dingin herediter. Jenis ini diturunkan dalam keluarga. Gejala mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk muncul (dari 30 menit hingga 48 jam setelah terpapar) dan gejala bisa bertahan 1-2 hari.

Faktanya Mam, alergi dingin merupakan salah satu pemicu dermatitis atopik atau eksim kering. Ini adalah peradangan kulit yang ditandai dengan kulit kering, gatal secara terus-menerus, dan ruam merah di kulit.

Kondisi ini muncul pada satu atau beberapa bagian tubuh, tetapi biasanya terjadi di wajah, lengan, dan kaki.

Dermatitis atopik tidak menular dan biasanya muncul pada balita, serta bisa kambuh hingga dewasa. Akan tetapi, dermatitis atopik juga dapat dialami oleh remaja atau dewasa yang tidak pernah mengalami sebelumnya.

Baca Juga: Macam-macam Alergi pada Anak dan Cara Mengatasinya

Gejala Alergi Dingin

Beberapa menit setelah terpapar dingin, orang yang memiliki alergi dingin bisa merasakan bilur yang terasa gatal dan kulit kemerahan.

Namun, reaksi alergi dingin tersebut bisa berbeda pada setiap orang, ada yang ringan hingga berat.

Berikut ciri-ciri alergi dingin pada anak:

  • Area kulit yang terkena dingin terasa gatal.
  • Reaksi memburuk saat kulit memanas
  • Tangan bengkak saat memegang benda dingin
  • Bibir bengkak akibat mengonsumsi makanan atau minuman dingin.
     

Gejala yang parah mungkin termasuk:

  • Respons seluruh tubuh (anafilaksis), yang dapat menyebabkan pingsan, jantung berdebar kencang, pembengkakan pada anggota badan atau batang tubuh, dan syok
  • Pembengkakan pada lidah dan tenggorokan, sehingga membuat sulit bernapas.

Gejala alergi dingin muncul tidak lama setelah kulit terkena penurunan suhu udara atau air dingin secara tiba-tiba. Kondisi lembap dan berangin dapat membuat gejala lebih mungkin kambuh.

Reaksi terburuk umumnya terjadi ketika kulit terpapar secara penuh, seperti berenang di air dingin. Reaksi seperti itu bisa mengakibatkan hilangnya kesadaran dan tenggelam.

Penyebab Alergi Dingin pada Anak

Alergi dingin bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak.

Penyebab alergi dingin pada anak dan kebanyakan orang adalah idiopatik atau tidak diketahui penyebabnya. Ada beberapa pemicu alergi dingin, yakni dingin, menggaruk kulit, stres, gigitan serangga, obat-obatan, infeksi, atau kanker darah.

Dalam kasus yang jarang terjadi, anak mungkin terkena alergi dingin karena diturunkan dari anggota keluarga dekat. Jenis ini dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan dan gejala mirip flu.

Cara Mencegah dan Mengatasi Munculnya Reaksi Alergi Dingin

Jika anak Mam memiliki alergi dingin, lebih baik hindari pemicunya. Ini merupakan cara mengatasi alergi dingin pada anak paling manjur. Misalnya, hindari minum minuman dingin atau makan es krim dan menghindari paparan dingin lainnya.

Dokter mungkin meresepkan obat antihistamin untuk mencegah atau mengurangi gejala ringan. Jika antihistamin tidak membantu, anak Mam mungkin akan diresepkan obat lain.

Hal lainnya yang Mam juga harus perhatikan adalah apakah si Kecil juga alergi terhadap hal lain. Saat si Kecil alergi terhadap satu alergen, besar kemungkinan si Kecil juga memiliki risiko alergi terhadap alergen lainnya, seperti risiko alergi susu sapi.

Untuk si Kecil yang memiliki risiko alergi susu sapi, Mam bisa berikan susu terhidrolisa parsial. Penelitian membuktikan konsumsi susu terhidrolisis parsial dapat mengurangi risiko anak terjangkit dermatitis atopik jika dibandingkan dengan anakyang mengonsumsi susu dengan protein utuh.

Itu tadi beberapa informasi mengenai alergi dingin pada anak. Semoga informasinya membantu ya, Mam!

Source : 

Mayo Clinic. Allergies. dari mayoclinic.org/diseases-conditions/allergies/symptoms-causes/syc-20351497. Diakses pada 29/12/2023.

Cleveland Clinic. Cold Urticaria. dari my.clevelandclinic.org/health/diseases/24629-cold-urticaria. Diakses pada 29/12/2023.

Alodokter. Dermatitis Atopik. dari alodokter.com/eksim-atopik. Diakses pada 30/12/2023.

Mayo Clinic. Cold Urticaria. dari mayoclinic.org/diseases-conditions/cold-urticaria/symptoms-causes/syc-20371046. Diakses pada 30/12/2023.

WebMD. What is Cold Urticaria. dari webmd.com/skin-problems-and-treatments/what-is-cold-urticaria. Diakses pada 30/12/2023.

Allergy Asthma Network. Cold Urticaria. dari allergyasthmanetwork.org/health-a-z/chronic-urticaria/cold-urticaria. Diakses pada 30/12/2023.

Mayo Clinic. Cold Urticaria Diagnosis and treatment. dari mayoclinic.org/diseases-conditions/cold-urticaria/diagnosis-treatment/drc-20371051. Diakses pada 30/12/2023.

Karger Publishers. The Role of Hydrolyzed Formula in Allergy Prevention | Annals of Nutrition and Metabolism. Dari: karger.com/anm/article/70/Suppl.%202/38/42373/The-Role-of-Hydrolyzed-Formula-in-Allergy. Diakses pada 29/12/2023 
 

Recommended content

Cara Stimulasi Agar Anak Cepat Belajar Jalan.jpg

Cara Stimulasi Agar Anak Cepat Belajar Jalan

Berdiri dan berjalan menjadi bagian dari tahapan proses perkembangan anak. Biasanya, anak akan mengikuti tahapan merayap, merangkak, berdiri, dan melangkah sebelum akhirnya bisa berjalan.

Pentingnya Mengetahui Cara Mengatasi Sakit Perut pada Anak

Pentingnya Mengetahui Cara Mengatasi Sakit Perut pada Anak

Sakit perut adalah salah satu keluhan yang sering dilontarkan oleh anak. Bahkan, sakit perut kerap menjadi alasan orangtua membawa si Kecil ke dokter.

Perkembangan Anak 1 Tahun, Buah Hati Sudah Bisa Apa Saja?

Perkembangan Anak 1 Tahun, Buah Hati Sudah Bisa Apa Saja?

Melihat anak tumbuh dan berkembang secara optimal menjadi salah satu kebahagiaan sebagai orang tua. Terlebih lagi jika perkembangan si Kecil berjalan sesuai dengan usianya.

Tipe Parenting Anak Usia Dini_Mam yang Mana (1).jpg

Tipe Parenting Anak Usia Dini, Mam yang Mana?

Bagaimana cara Mam mengasuh si Kecil akan mempengaruhi segala aspek dalam hidupnya kelak. Mulai dari kepribadian, mental, emosional, hingga kesehatan fisik.

Jadwal Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembangnya.jpg

Jadwal Tidur Bayi untuk Tumbuh Kembangnya

Waktu tidur adalah kebutuhan dasar manusia karena berperan penting untuk fisik dan mental, baik bagi orang dewasa dan terlebih bagi anak-anak. Saat tidur, organ tubuh kita melakukan proses revitalisasi atau perbaikan.

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak (Thumbnail).jpg

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

Jika Si Kecil sakit, tentu Mam & Pap akan merasa khawatir. Terlebih jika sakit yang dialami membuat Si Kecil kehilangan keceriaan dan menghambat proses belajarnya. Salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan anak-anak adalah sakit perut.

Perkembangan Otak pada Janin dan Cara Stimulasi Kecerdasannya

Perkembangan Otak pada Janin dan Cara Stimulasi Kecerdasannya

Otak manusia merupakan pusat mesin penggerak seluruh aktivitas. Beberapa hal yang diatur oleh otak adalah emosi dan ingatan. Otak manusia terus berkembang sejak masih janin di dalam rahim hingga lahir dan akhirnya tumbuh dewasa.

Produk Wyeth Nutrition

ultima.png

S-26 Procal Ultima

Susu pertumbuhan pertama di Indonesia yang menggunakan susu skim bubuk berasal dari sapi A2 untuk anak usia 1 - 3 tahun.

promise-baru.png

S-26 Promise GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 3-12 tahun)

promise-a

S-26 Promise Nutrissentials

Susu bubuk Anak usia 3-12 Tahun. Berikan Nutrisi, Inspirasi, & Stimulasi tepat untuk bantu Ia siap belajar.

Informasi Parenting untuk Mam dan Pap

Temukan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting di periode

Pra-Kehamilan, Kehamilan, Bayi, dan Anak.

Pra-kehamilan

Pra-Kehamilan

Informasi cara mempersiapkan kehamilan dan tips penting selama masa pra-kehamilan.

Kehamilan

Kehamilan

Informasi lengkap tentang masa kehamilan dari trimester pertama,  hingga persalinan.

Anak

Anak

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Bayi

Bayi

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia 0-12 bulan di sini.

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login