Normalkah Flek saat Hamil Muda

Flek Coklat saat Hamil Muda, Normalkah?

24.03.2021

Flek atau bahkan pendarahan ringan saat trimester pertama kehamilan terjadi pada 20% ibu hamil, dan kebanyakan tetap melalui kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat

headphones

PLAYING: Flek Coklat saat Hamil Muda, Normalkah?

7 min read

Jika Mam mengalami flek saat hamil, segera beristirahat dan perbanyak tidur alias bed rest. Kurangi berjalan atau aktivitas lainnya, terutama mengangkat barang berat. Mam juga harus banyak minum air putih

Saat hamil, setiap ada cairan keluar dari vagina rasanya panik ya, Mam. Padahal, flek saat hamil muda itu sebenarnya hal yang sangat umum terjadi. Ketika problem itu Mam alami, Mam usahakan tenangkan diri, segera beristirahat dan perbanyak tidur alias bed rest. Mam juga sebaiknya kurangi berjalan atau aktivitas yang melelahkan, seperti mengangkat barang berat. Selain itu, Mam juga perlu memperbanyak minum air putih.  

Flek coklat saat hamil atau bahkan pendarahan ringan saat trimester pertama  kehamilan terjadi pada 20% ibu hamil, dan kebanyakan tetap melalui kehamilan dan melahirkan bayi yang sehat.  Hanya dalam beberapa kasus, pendarahan keluar sangat banyak dan Mam mengalami pusing hebat serta kram seperti saat menstruasi. Kondisi separah ini  baru haruslah Mam diwaspadai dan segera berkonsultasi ke tenaga kesehatan. . 

Membedakan Flek Cokelat saat Hamil dan Pendarahan 

Lalu, bercak darah saat hamil muda seperti apa yang bisa dikatakan wajar? Flek bisa berwarna merah seperti darah menstruasi, tapi bisa juga kecoklatan. Beda flek dengan pendarahan paling jelas terlihat dari kuantitasnya. Flek biasanya hanya beberapa tetes darah yang tidak mengalir, jadi tidak akan bisa memenuhi panty liner. 

Tak seperti menstruasi yang berlangsung hingga seminggu, flek hanya muncul paling lama 3 hari. Kadang kemunculannya tidak disadari, kecuali ketika melap vagina dengan tisu setelah buang air kecil. 

Jika pendarahan terjadi, Mam pasti butuh pembalut untuk menampung darah yang keluar. Pastikan Mam memakai panty liner atau pembalut untuk memastikan jumlah darah yang keluar, ya. 

Penyebab Keluar Bercak Darah saat Hamil Muda 

Ada berbagai penyebab timbulnya bercak darah saat hamil muda. Sebagai antisipasi, berikut penyebab munculnya bercak darah saat hamil muda yang harus mam waspadai: 

 

  1. Pendarahan implantasi 
    Keluar bercak darah saat hamil muda bisa diakibatkan pendarahan implantasi, kondisi di mana sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Kondisi ini dapat memicu pendarahan ringan atau bercak selama beberapa hari. Bercak ini terjadi bahkan sebelum seorang wanita tahu dia hamil dan sering disalah artikan sebagai periode menstruasi yang tertunda.  

    Pendarahan yang terjadi setelah hari dimana seorang wanita mengharapkan menstruasi biasanya sudah terlambat untuk dianggap sebagai pendarahan implantasi, dan lebih mungkin terkait dengan awal kehamilan pada umumnya.
  2. Produksi hormon 
    Produksi hormon yang membuat rahim berubah menjadi lebih lunak dan lebih mudah berdarah. Plasenta yang baru berkembang dan kemudian mengambil alih fungsi tubuh untuk menghasilkan produksi hormon juga bisa menyebabkan flek. 
  3. Infeksi vagina 
    Selain hormon, bercak darah saat hamil muda juga bisa terjadi akibat infeksi pada vagina. Pendarahannya akan dibarengi dengan keluarnya cairan yang tidak normal dari vagina. 
    Flek umumnya muncul di antara usia kehamilan 5-8 minggu. Di luar itu, flek saat hamil juga bisa saja keluar karena terstimulasi setelah berhubungan seksual. 
  4. Polip rahim 
    Polip rahim juga salah satu penyebab munculnya flek saat hamil muda. Polip adalah benjolan kecil di mulut rahim dan bisa mengeluarkan darah karena tingginya hormon estrogen di tubuh ibu hamil. Polip semacam ini tidak berbahaya dan sangat normal. Polip biasanya mengeluarkan darah saat disentuh atau terganggu, seperti selama pemeriksaan kehamilan dan hubungan seksual. Ini membuat tanda bercak darah saat hamil muda terlihat. 
  5. Solusio plasenta 
    Solusio plasenta adalah kondisi serius di mana plasenta mulai terlepas dari dinding rahim. Tak hanya menyebabkan bercak darah saat hamil muda, solusio plasenta biasanya menyebabkan sakit perut. 

 

Baca Juga: Mengatasi Mual saat Hamil Muda 

Masalah Kesehatan Serius yang Ditandai Bercak Darah Saat Hamil 

Meski normal terjadi, ada beberapa kondisi munculnya bercak darah saat hamil muda juga bisa jadi indikasi yang menunjukkan masalah lebih serius seperti keguguran, molar pregnancy (hamil anggur), atau kehamilan di luar kandungan (ektopik). 

Keguguran terjadi di 10-20 persen kehamilan dan sebagian besar (80%)  terjadi pada trimester pertama atau sebelum minggu ke 12 kehamilan.

Penyebab keguguran paling secara umum adalah karena faktor kelainan kromosom yang membuat janin tidak berkembang, 

Molar pregnancy atau hamil anggur terjadi karena komplikasi pertumbuhan sel yang tidak normal. Kondisi ini membuat embrio tidak berkembang sebagaimana mestinya. 

Selain itu, flek saat hamil muda juga bisa karena kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi ditanamkan di luar rahim – misalnya di tuba falopi. Hal ini dapat menyebabkan perdarahan dan berbahaya karena sel telur yang telah dibuahi tidak dapat berkembang dengan baik di luar rahim. Telur harus dikeluarkan, yang bisa dilakukan melalui operasi atau dengan obat-obatan.

Flek saat hamil juga biasanya lebih sedikit terjadi pada ibu yang hamil kembar. Namun, salah satu dari janin kembar berhenti tumbuh dan “hilang” dari rahim. Proses ini biasanya menyebabkan pendarahan. 

Jika pendarahan atau flek masih terjadi trimester kedua dan ketiga, segera hubungi dokter. Apalagi, jika pendarahan disertai kram di bagian perut. Komplikasi  yang disebabkan pendarahan bisa menyebabkan bayi prematur  atau bayi lahir dengan berat badan rendah. 

Cara Mengatasi Flek Cokelat saat Hamil 

Selama jumlahnya tidak banyak, flek saat hamil muda sebetulnya bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Namun jika tetap cemas, Mam bisa melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. 

Dokter akan melakukan USG transvaginal dan pemeriksaan leher rahim untuk memastikan kemungkinan infeksi. Dokter juga akan menyarankan tes darah untuk mengetahui kondisi rhesus, level hormon kehamilan, dan kadar hCG dalam darah.  

Untuk memastikan kondisi janin tetap sehat, Mam juga harus bed rest atau istirahat total saat mengalami pendarahan. Kurangi waktu berdiri dan berjalan. Jika perlu, minta izin cuti jika Mam  masih bekerja. Istirahat total akan mendukung kekuatan plasenta dalam melindungi rahim dan mencegah risiko keguguran.

Selain itu, untuk mencegah pendarahan lebih lanjut, hindari pemakaian tampon, douching,dan melakukan hubungan intim.  Jika bercak darah saat hamil muda yang muncul semakin deras, dan disertai beberapa gejala, seperti kram atau kontraksi, nyeri panggul atau nyeri di perut, pusing atau pingsan, demam atau menggigil, Mam perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Source  :

American Pregnancy. Spotting During Pregnancy. Dari americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-concerns/spotting-during-pregnancy/. Diakses 3 Juni 2023 

Eagles Landing Obgyn. When Is Spotting Normal During Pregnancy? Dari eagleslandingobgyn.com/when-is-spotting-normal-during-pregnancy/. Diakses 3 Juni 2023 

NHS. Vaginal Bleeding. Dari nhs.uk/pregnancy/related-conditions/common-symptoms/vaginal-bleeding/. Diakses 3 Juni 2023 

Hermina Hospitals. Bercak di Hamil Muda, Normal Atau Berbahaya. Dari herminahospitals.com/en/articles/bercak-di-hamil-muda-normal-atau-berbahaya.html. Diakses 3 Juni 2023 

WebMD. Bleeding During Pregnancy Treatment. Dari webmd.com/first-aid/pregnancy-bleeding-treatment. Diakses 3 Juni 2023 

Cleveland Clinic. Bleeding during Pregnancy. Dari my.clevelandclinic.org/health/symptoms/22044-bleeding-during-pregnancy. Diakses 3 Juni 2023 

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Ketahui Melahirkan Secara Caesar Sekaligus Sterilisasi

Ketahui Melahirkan Secara Caesar Sekaligus Sterilisasi

Salah satu hal yang perlu Mam siapkan dan pikirkan menjelang persalinan adalah rencana mengatur jarak kelahiran. Ada banyak pilihan kontrasepsi atau program keluarga berencana (KB) yang bisa Mam ikuti untuk mengatur jarak kelahiran.

Peran Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

Peran Penting Zat Besi untuk Ibu Hamil

Zat besi untuk ibu hamil sangat berperan penting. Ibu hamil adalah kelompok yang rentan mengalami kekurangan zat besi.

5  Perbedaan Hamil Bayi Laki-laki dan Perempuan yang Akurat (1).jpg

Berapa Lama Jeda Hamil Lagi Setelah Melahirkan? Simak di Sini!

Mempersiapkan kehamilan anak kedua biasanya lebih sulit dibanding anak pertama. Ini karena ada sang kakak yang juga harus dipersiapkan menyambut kelahiran adik.

Apakah Normal Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Apakah Normal Kaki Bengkak Setelah Melahirkan?

Pasca melahirkan, tubuh masih menyesuaikan diri. Tidak jarang, beberapa Mam mempunyai beberapa keluhan mengenai tubuhnya. Salah satunya adalah kaki bengkak yang cukup mengganggu. Tapi, perlukah Mam mengkhawatirkan hal ini?

Panduan & Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar Agar Lancar. Mam Sudah Tahu Thumbnail.jpg

Panduan & Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar Agar Lancar

Di masa kehamilan, Mam tentu sudah menghitung hari untuk segera bertemu dengan Si Kecil. Persiapan persalinan pun mungkin sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Perlukah Memakai Pembalut Bersalin untuk Ibu Melahirkan Caesar?

Perlukah Memakai Pembalut Bersalin untuk Ibu Melahirkan Caesar?

Melahirkan melalui operasi caesar adalah pengalaman yang memerlukan perawatan khusus, dan banyak wanita yang baru saja melalui prosedur ini mungkin bertanya-tanya apakah pembalut bersalin untuk ibu melahirkan caesar penting?

Mam, Ini Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat Thumbnail.jpg

Mam, Ini Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat!

Saat menantikan kelahiran si Kecil, Mam tentunya ingin mengetahui kira-kira berapa ya usia kehamilan yang sedang berjalan.

Produk Wyeth Nutrition

procalgold.png

S-26 Procal GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 1-3 tahun)

promise-baru.png

S-26 Promise GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 3-12 tahun)

promise-a

S-26 Promise Nutrissentials

Susu bubuk Anak usia 3-12 Tahun. Berikan Nutrisi, Inspirasi, & Stimulasi tepat untuk bantu Ia siap belajar.

Informasi Parenting untuk Mam dan Pap

Temukan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting di periode

Pra-Kehamilan, Kehamilan, Bayi, dan Anak.

Pra-kehamilan

Pra-Kehamilan

Informasi cara mempersiapkan kehamilan dan tips penting selama masa pra-kehamilan.

Kehamilan

Kehamilan

Informasi lengkap tentang masa kehamilan dari trimester pertama,  hingga persalinan.

Anak

Anak

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Bayi

Bayi

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia 0-12 bulan di sini.

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login