Perlukah Memberikan Vitamin Penambah Berat Badan untuk Bayi Prematur_ Simak Dulu Penjelasan Ini!_.jpg

Vitamin Penambah Berat Badan untuk Bayi Prematur

31.01.2024
headphones

PLAYING: Vitamin Penambah Berat Badan untuk Bayi Prematur

5 min read

Sebagian Mam yang dianugerahi buah hati dengan kondisi  lahir belum cukup bulan terkadang ada yang masih bingung, perlukah memberikan beragam jenis vitamin penambah berat badan bayi prematur?

Seperti diketahui, bayi prematur terkadang membutuhkan perawatan ekstra, terutama saat mencukupi kebutuhan asupannya.    

Nah, untuk bekal pengetahuan para Mam, pelajari lebih lanjut mengenai nutrisi untuk bayi prematur lewat artikel berikut ini. 
 

Apakah Perlu Memberikan Vitamin Penambah Berat Badan Bayi Prematur?

Bayi prematur umumnya perlu tambahan beberapa jenis vitamin untuk menambah berat badan, Mam.  

Pasalnya, bayi prematur sering mengalami kekurangan nutrisi tertentu saat masih berada dalam kandungan, karena lahir sebelum waktunya.  

Selain itu, beberapa organ bayi prematur juga cenderung belum matang sempurna karena lahir lebih awal, termasuk organ yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh. 1

Beberapa penelitian juga menunjukkan, pemberian tambahan vitamin dan mineral yang tepat bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi prematur.  

Pemberian nutrisi yang optimal pada bayi dengan berat lahir rendah juga penting untuk menurunkan risiko beberapa penyakit berbahaya saat dewasa.  

Di antaranya gangguan saraf, penyakit diabetes, penyakit tekanan darah tinggi, perut buncit, penyakit metabolik, gangguan pembuluh darah arteri, sampai beragam masalah tulang seperti osteoporosis. 2

Baca Juga: Cara Menaikkan Berat Badan Bayi Prematur
 

Apa Saja Jenis Vitamin untuk Bayi Prematur?

Mam, bayi prematur yang lahir sebelum usia 37 minggu, selain ASI ternyata juga perlu diberikan gizi tambahan dari HMF (human milk fortifier) atau fortifikasi ASI.  

HMF bukan nutrisi selain ASI ataupun vitamin, tapi merupakan pelengkap gizi ASI, pangan yang diformulasi khusus yang jika perlu ditambahkan pada ASI sebagai pelengkap kebutuhan zat gizi bayi sangat prematur atau bayi berat lahir sangat rendah. Mam harus berkonsultasi dengan tenaga kesehatan untuk penggunaan dari HMF ini.3

Human milk fortifier adalah asupan tambahan yang mengandung protein bovine whey-predominant atau hidrolisat, karbohidrat yang terdiri atas polimer glukosa atau maltodekstrin, natrium, kalsium, fosfor, magnesium, serta beberapa vitamin. 4

Beberapa vitamin penambah berat badan bayi prematur di antaranya:
 

Vitamin A

Bayi prematur yang lahir dengan berat badan rendah rentan mengalami kekurangan vitamin A. Nutrisi ini sangat penting untuk mencegah kematian pada bayi baru lahir, menurunkan risiko penyakit mata xerophthalmia, infeksi saluran pernapasan, dan gangguan pencernaan. 5  
 

Vitamin D

Selain vitamin A, bayi prematur juga berisiko kekurangan vitamin D. Nutrisi ini penting untuk memperkuat kepadatan tulang serta mengurangi risiko gangguan tulang dan gigi pada bayi.  

Tak hanya itu, pemberian nutrisi ini juga penting untuk mencegah alergi, menjaga kesehatan otot, dan daya tahan tubuh bayi agar tak mudah sakit. 6

Perlu diingat, Mam. Pemberian asupan nutrisi dan vitamin untuk anak prematur di atas tak boleh sembarangan, tapi perlu anjuran atau saran dari dokter.  

Selain vitamin yang telah disebutkan di atas, bayi prematur juga kerap memerlukan suplementasi mineral seperti zat besi, kalsium, fosfat, dan asam folat. Umumnya, suplementasi mineral ini sudah terkandung dalam susu formula atau fortifikasi ASI yang direkomendasikan dokter.7

Dokter biasanya meresepkan dosis atau kebutuhan vitamin dan mineral tambahan tersebut berbeda-beda, tergantung usia kandungan saat bayi dilahirkan dan kondisi kesehatan Si Kecil secara keseluruhan.  
 

Kapan Perlu Bayi Prematur Perlu Vitamin Tambahan?

Ada beberapa kondisi yang membuat si Kecil memerlukan vitamin penambah berat badan bayi prematur, di antaranya:

Bayi kekurangan vitamin A

Bayi kekurangan vitamin D

Bayi lahir di usia kehamilan kurang dari 35 minggu

Bayi lahir dengan berat badan kurang dari 1,8 kilogram

Bayi lahir dari ibu hamil yang kekurangan vitamin D dan minum ASI

Bayi lahir dengan kondisi rakhitis, hipoparatiroidisme, osteodistrofi ginjal, penyakit hati kolestatik

Ketika merekomendasikan suplemen vitamin untuk bayi prematur, dokter biasanya memantau perkembangan si Kecil. Utamanya saat bayi prematur masih dirawat di rumah sakit, umur 1 bulan, 2 bulan, dan 3 bulan. 8  

Itu tadi beberapa informasi mengenai vitamin penambah berat badan bayi prematur. Semoga bisa membantu ya Mam!  

Yuk Cari Inspirasi Hebat Lainnya

Proses Melahirkan Caesar, dari Persiapan, Biaya, hingga Pemulihan

Proses Melahirkan Caesar, dari Persiapan, Biaya, hingga Pemulihan

​​​Operasi caesar merupakan alternatif melahirkan saat Mam tidak bisa melahirkan pervaginam dengan aman. Proses melahirkan caesar ini dapat direncanakan sebelumnya atau dilakukan dalam keadaan darurat medis.

Penyebab Kulit Bayi Merah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kulit Bayi Merah dan Cara Mengatasinya

​Bayi memiliki kulit yang sensitif dan tidak jarang mengalami kemerahan atau ruam. Kulit bayi merah sebenarnya merupakan kondisi umum yang tidak berbahaya dan dapat menghilang dengan sendirinya.1 Namun, jika tidak segera ditangani dengan tepat, merah merah pada kulit bayi bisa menyebabkan Si Kecil merasa tidak nyaman dan lebih rewel, lho.

Mam, Ketahui Penyebab Bayi Rewel Berikut Ini!

Mam, Ketahui Penyebab Bayi Rewel Berikut Ini!

Setiap bayi, terutama yang baru lahir, akan banyak menangis atau rewel. Jangan khawatir ya, Mam! Merupakan hal yang wajar apabila Si Kecil yang baru berusia beberapa hari, menangis hingga beberapa jam setiap harinya.

Mengapa si Kecil Malas Bergerak

Mengapa si Kecil Malas Bergerak?

Yang namanya anak-anak, sudah tentu banyak tingkah dan polah lucunya yang membuat Mam merasa gemas.

Kenapa Si Kecil Suka Sekali Menggigit Teman Mainnya

Kenapa Si Kecil Suka Sekali Menggigit Teman Mainnya?

Ketika Mam melihat si Kecil yang sedang bermain tiba-tiba menggigit temannya, tentu reaksi pertama adalah ingin cepat-cepat memarahinya.

Mengembangkan Potensi Anak Melalui Belajar

Seribu hari pertama kehidupan

Seribu hari pertama kehidupan (1000 HPK) adalah periode penting dalam pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Pertumbuhan berarti penambahan berat badan, tinggi badan serta lingkar kepala sesuai kurva pertumbuhan. Perkembangan adalah pembentukan dan perkembangan otak seorang anak.

Ciri-Ciri Perkembangan Akal, Fisik, dan Sosial Anak Usia 1 Tahun

Ciri-Ciri Perkembangan Akal, Fisik, dan Sosial Anak Usia 1 Tahun

Usia satu tahun adalah saat ketika si Kecil mulai bicara, bereksplorasi, dan melakukan banyak hal. Dengan indranya dia mengeksplorasi dunia sekitarnya. Jika ia berhasil melakukan sesuatu, dia akan mengulanginya berkali-kali.

Produk Wyeth Nutrition

promise-baru.png

S-26 Promise GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 3-12 tahun)

procalgold.png

S-26 Procal GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 1-3 tahun)

94f761eb-9e9a-4fcc-8c74-294922e92789.png

S-26 Procal Nutrissentials

Susu Pertumbuhan Anak usia 1-3 Tahun untuk dukung kesiapan belajarnya.

Informasi Parenting untuk Mam dan Pap

Temukan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting di periode

Pra-Kehamilan, Kehamilan, Bayi, dan Anak.

Pra-kehamilan

Pra-Kehamilan

Informasi cara mempersiapkan kehamilan dan tips penting selama masa pra-kehamilan.

Kehamilan

Kehamilan

Informasi lengkap tentang masa kehamilan dari trimester pertama,  hingga persalinan.

Anak

Anak

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Bayi

Bayi

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia 0-12 bulan di sini.

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login