Ragam jenis kehebetan si Kecil

3 Prinsip yang Bisa Dijadikan Cara Menilai Kehebatan Si Kecil

25.02.2021
headphones

PLAYING: 3 Prinsip yang Bisa Dijadikan Cara Menilai Kehebatan Si Kecil

6 min read

Sebenarnya, bagaimana prinsip-prinsip menilai kehebatan si Kecil yang baik dan benar?

Menilai kemampuan atau kehebatan anak bukanlah sebuah kegiatan yang dapat dilakukan dengan mudah, karena sesungguhnya membutuhkan berbagai penilaian yang menyesuaikan dengan parameter perkembangan otak anak sesuai dengan tahapan usianya.
 
Cara paling sering dan paling mudah yang dilakukan orangtua atau pengasuh dalam melakukan penilaian kehebatan anak adalah dengan cara membandingkannya dengan kemampuan anak lain yang berusia sebaya. Perbandingan kemampuan antar anak seringkali hanya menggunakan parameter keinginan orangtua semata.
 
Melalui cara perbandingan ini, seorang anak bisa jadi akan dikatakan berkemampuan hebat ketika anak tersebut dapat melakukan kemampuan tertentu dimana anak lain masih belum mampu mampu melakukannya. Misalnya, seorang adik akan dikatakan lebih hebat dari kakaknya karena dia sudah dapat berbicara lancar ketika masih berusia 2 tahun, sementara kakaknya baru melakukannya pada usia 3 tahun.

Atau, seorang anak akan dikatakan berkemampuan hebat bila anak tersebut mampu melakukan sebuah kemampuan yang jauh di atas batas kemampuan yang diinginkan oleh orangtuanya. Misalnya, orangtua berharap anaknya mampu berjalan sendiri 1-2 langkah ketika mencoba mengajarkan berjalan untuk pertamakalinya. Ternyata, anak tersebut mampu melakukannya lebih panjang hingga 9-10 langkah. Tentu saja bila ini terjadi maka akan menimbulkan persepsi bahwa anak tersebut mempunyai kemampuan yang hebat.

Penilaian kehebatan anak seringkali juga dilakukan dengan cara-cara yang berdasarkan penilaian sewaktu atau sesaat. Cara penilaian ini mempunyai keterbatasan dan tingkat kesalahan yang cukup besar. Penilaian sesaat hanya pada usia tertentu tidak dapat menggambarkan bagaimana proses kehebatan anak tersebut terbentuk.

Kehebatan seorang anak juga mungkin dinilai hanya dengan cara yang berdasarkan atas penilaian satu jenis kemampuan tertentu saja. Cara penilaian ini memang tidak sepenuhnya salah, tetapi juga berisiko akan mendapatkan hasil yang bias dan salah bila anak tersebut mempunyai kehebatan dalam hal berbagai jenis kemampuan.

Sebenarnya, bagaimana prinsip-prinsip menilai kehebatan anak yang baik dan benar?. Penilaian kehebatan anak sesungguhnya harus mengacu pada ciri-ciri dan tahapan perkembangan otak anak normal. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal menilai kehebatan anak, antara lain:

Bersifat individual

Penilaian kehebatan anak hendaknya bersifat individual dan bukan atas dasar perbandingan dengan kehebatan anak lain, karena setiap anak bisa jadi mempunyai jenis kehebatan berbeda-beda. Hal tersebut disebabkan karena salah satu ciri dari stuktur dan sirkuit otak anak hebat adalah mempunyai ketebalan lapisan korteks otak yang berbeda-beda untuk setiap anak. Pada satu anak mungkin mempunyai ketebalan korteks otak pada area A yang lebih tebal dibandingkan area otak yang lain, sementara pada anak lainnya ketebalan korteks otak pada area B lebih tebal dibandingkan area otak yang lain. Perbedaan ketebalan lapisan korteks inilah yang akan menimbulkan perbedaan jenis kehebatan pada setiap anak. Sehingga untuk menilai kehebatan anak tidak boleh didasarkan atas perbandingan kemampuan antar anak.

Baca Juga: 5 Stimulasi dan Cara Mengajarkan Anak Berjalan

Sejak dini, rutin-berkala, dan jangka panjang

Kehebatan anak hendaknya tidak dinilai berdasarkan sebuah penilaian atau evaluasi yang sesaat pada waktu tertentu saja. Penilaian kemampuan anak hebat harus dilakukan dengan cara menilai kemampuan anak sejak sedini mungkin, rutin, berkala, dan jangka panjang. Hal tersebut disebabkan karena salah satu ciri khusus dari struktur dan sirkuit otak anak hebat adalah mempunyai ketebalan lapisan korteks yang berkembang terus sesuai dengan pertambahan usia dan mencapai puncak ketebalan saat anak menginjakkan usia remaja. Selain itu, otak anak hebat mempunyai daya plastisitas yang lebih lama dan lebih panjang dibandingkan otak anak yang berkemampuan “biasa”.

Dengan kedua ciri khusus dari otak anak hebat tersebut, maka bisa jadi kehebatan seorang anak masih belum terlihat pada usia awal, dan semakin berkembang dengan bertambahnya usia, dan akan mulai nampak hebat ketika baru diusia yang lebih lanjut. Terlebih pula, kehebatan yang terjadi di usia awal dapat membentuk kehebatan lainnya di usia selanjutnya. Sehingga, penilaian yang sifatnya rutin dan jangka panjang akan membuat kita memahami proses pembentukan kehebatan anak tersebut dari waktu ke waktu.

Multi-tugas dan simultan 

Penilaian kehebatan anak hendaknya juga berdasarkan penilaian yang mencakup berbagai kemampuan secara simultan, meskipun anak tersebut terlihat menampakkan kehebatan di bidang tertentu saja. Hal tersebut disebabkan karena salah satu ciri khusus dari struktur dan sirkuit otak anak hebat adalah mempunyai jaringan sirkuit antar sel otak yang lebih banyak, lebih kaya, dan lebih lancar. Dengan adanya ciri khusus ini, maka komunikasi antar sel otak di dalam otak anak hebat akan berjalan dengan sangat cepat dan efisien, serta mampu membawa informasi dalam jumlah dan kapasitas yang sangat besar. Implikasinya, anak hebat akan mempunyai kemampuan untuk mengerjakan berbagai tugas secara multi-tugas dan simultan. Penilaian yang bersifat simultan untuk berbagai kehebatan anak akan membuat kita memahami kapasitas anak untuk mengembangkan kehebatan lainnya yang mungkin tidak nampak bila hanya dilakukan penilaian untuk kehebatan yang sifatnya tunggal atau satu jenis tertentu saja.

Dengan demikian, penilaian kehebatan anak tidak akan menghasilkan kesimpulan yang salah dan bias bila kita memperhatikan ketiga hal tersebut di atas, dan dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada anak untuk dapat mempertahankan dan bahkan dapat mengembangkan kehebatannya tersebut tanpa harus bersifat memaksa untuk hanya menyesuaikan keinginan dari orangtua atau lingkungannya semata.
 

Recommended content

Peran Mam dalam Proses Belajar Baca Anak Menurut Para Ahli

Peran Mam dalam Proses Belajar Baca Anak Menurut Para Ahli

Mam, belajar baca anak merupakan bagian penting dari perkembangan mereka. Agar hasilnya optimal dan proses belajar baca anak berjalan lancar, sebaiknya belajar membaca dilakukan saat masa peka anak untuk membaca sudah muncul.

Metode Belajar Efektif Menurut Para Ahli

Metode Belajar Efektif Menurut Para Ahli

Apakah Mam tau bahwa setiap orang bisa memiliki gaya belajar yang berbeda? Ada dari kita yang betah membaca berjam-jam, ada pula yang senang hands-on activities. Belajar progresif yang mengedepankan salah satunya child-centered dan personalized learning, mengajak Mam mengenal anak lebih jauh dan menerapkan gaya belajar sesuai dengan kebutuhan anak.

Memahami Tahap Belajar untuk Anak 3 Tahun Menurut Para Ahli

Memahami Tahap Belajar untuk Anak 3 Tahun Menurut Para Ahli

Saat si Kecil beranjak ke usia tiga tahun, mereka menjadi lebih mandiri dan mulai banyak menghabiskan waktu tanpa dampingan orangtua. Pada usia ini mereka juga mulai memiliki imajinasi yang tinggi dan senang bermain permainan yang aktif secara fisik.

Manfaat belajar Musik untuk Perkembangan Otak Anak

Manfaat belajar Musik untuk Perkembangan Otak Anak

Pernahkah Mam memperhatikan saat si Kecil belum bisa mengekspresikan dirinya dengan kata-kata, mereka otomatis berespons saat mendengar suara musik? Bisa jadi mereka tersenyum atau bahkan aktif menggoyangkan badannya dengan gembira.

Manfaat Belajar Berhitung Anak Terhadap Kecepatan Belajar

Manfaat Belajar Berhitung Anak Terhadap Kecepatan Belajar

Anak belajar memahami dunia dengan cara mengeksplorasi lingkungannya. Berhitung adalah salah satu cara anak untuk mendemonstrasikan pengetahuan mereka dengan menyebutkan angka dan jumlah benda yang mereka lihat.

Fakta dan Mitos Pembentukan Karakter Anak

Fakta dan Mitos Pembentukan Karakter Anak

Tahukah Mam, karakter adalah elemen utama dari kepribadian manusia. Karakter terdiri dari sikap, keyakinan, dan nilai individu.

Ciri-ciri Anak Sehat Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia

Ciri-ciri Anak Sehat Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia

Mam, si Kecil sangat bergantung pada orang dewasa yang mengasuhnya untuk dapat tumbuh serta berkembang dengan baik sejak awal kehidupannya.

Produk Wyeth Nutrition

procalgold.png

S-26 Procal GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 1-3 tahun)

promise-baru.png

S-26 Promise GOLD

Susu pertumbuhan dengan kandungan nutrisi yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert untuk dukung potensi hebat & Belajar Progresif si Kecil. (Usia 3-12 tahun)

94f761eb-9e9a-4fcc-8c74-294922e92789.png

S-26 Procal Nutrissentials

Susu Pertumbuhan Anak usia 1-3 Tahun untuk dukung kesiapan belajarnya.

Informasi Parenting untuk Mam dan Pap

Temukan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting di periode

Pra-Kehamilan, Kehamilan, Bayi, dan Anak.

Pra-kehamilan

Pra-Kehamilan

Informasi cara mempersiapkan kehamilan dan tips penting selama masa pra-kehamilan.

Kehamilan

Kehamilan

Informasi lengkap tentang masa kehamilan dari trimester pertama,  hingga persalinan.

Anak

Anak

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia di atas 1 tahun di sini.

Bayi

Bayi

Pelajari nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang, dan tips parenting untuk si Kecil usia 0-12 bulan di sini.

Berikan Rating

Please login to leave us a comment.

Login